Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

Wednesday, May 2, 2018

Manfaat Terasi Bagi Kesehatan

Manfaat Terasi Bagi Kesehatan - Saya yakin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Terasi. Bahan yang sangat enak sekali bila digunakan untuk membuat sambal ini merupakan hasil fermentasi dari awetan ikan atau udang rebon segar.

Manfaat Terasi

Terasi ini mempunyai bentuk yang padat dengan tekstur yang lembut tidak terlalu kasar dan mempunyai aroma yang khas. Walaupun mungkin tidak semua orang suka dengan aroma terasi, namun ternyata kandungan gizi terasi ini cukup banyak dan sangat bagus untuk kesehatan seperti protein, kalsium, yodium, fosfor, karbahidrat, mineral, zat besi dan lemak.

Lalu apa saja manfaat terasi bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa khasiat terasi yang bisa kita dapatkan terutama untuk kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Di dalam terasi terdapat kandungan protein yang sangat tinggi yang mengandung asam amino esensial. Protein ini sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Selain untuk janin, manfaat terasi bagi ibu hamil adalah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menjadi sumber energi.

Kalsium yang ada pada terasi juga bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang janin serta mampu mencegah terjadinya pengroposan tulang pada ibu. Zat besi yang terkandung dalam terasi juga berguna untuk mencegah ibu hamil terkena anemia.

2. Mengobati Sakit Gigi

Bukan hanya enak untuk dijadikan sambal saja, terasi ternyata dapat pula digunakan untuk pengobatan terutama untuk sakit gigi. Jadi jika sekarang gigi anda sedang cenat-cenut cobalah gunakan terasi untuk menyembuhkannya. Cara mengobati sakit gigi dengan terasi juga sangat mudah, Anda hanya perlu menempelkan terasi pada gigi yang sakit atau berlubang dan biarkan selama 2 jam, niscaya rasa sakitnya akan segera mereda.

3. Membantu Menumbuhkan Kuku

Manfaat terasi untuk kuku adalah bisa membantu menumbuhkan kuku. Jika anda mungkin mempunyai kuku yang rusak dan ingin supaya bisa tumbuh normal lagi, cobalah dengan terasi. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus terasi pakai daun pisang dan memasukannya ke dalam abu panas selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang tunggu sampai agak dingin atau hangat kemudian oleskan pada kuku yang rusak. Lakukan secara rutin tiap hari selama 2 sampai 3 mingguan, maka nanti kuku akan bisa tumbuh kembali untuk menggantikan kuku yang sudah rusak.

4. Mengobati Bagian Tubuh yang Tertusuk Duri

Jika Anda mungkin ada anggota badan yang tertusuk duri, misal pada bagian kaki cobalah memakai terasi untuk mengobati dan mengeluarkan duri yang masuk. Caranya anda hancurkan terasi dan tempelkan pada bagian tubuh yang tertusuk duri, kemudian ikat dengan kain agar tidak bergesar. Tunggu beberapa lama, maka nanti duri yang masuk sudah hilang.

Itulah beberapa manfaat terasi bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan. Namun ada satu hal yang harus benar-benar anda perhatikan sebelum menggunakan atau mengkonsumsi terasi, yaitu pilihlah terasi yang alami, tidak menggunakan zat pewarna ataupun pengawet supaya aman dikonsumsi dan tidak membahayakan tubuh. Semoga informasi yang singkat ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya, terima kasih.