Wednesday, August 2, 2017

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga Yang Baik Saat Hamil - Ada banyak sekali olahraga yang kita ketahui di dunia ini, dan seperti yang telah kita ketahui, olahraga yang benar dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Begitu pula dengan ibu hamil, pada dasarnya, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga agar kondisi tubuhnya terjaga, tapi tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga yang cocok dan disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah olahraga yang dapat membuat otot ibu hamil menjadoi rileks dan dapat melatih pernafasan. Di bawah ini akan dijabarkan secara singkat beberapa saran olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Jalan-jalan Santai

Olahraga yang paling umum dan mudah dilakukan adalah jalan-jalan santai. Olahraga ini cukup aman untuk dilakukan oleh wanita hamil, dan dengan melakukan jalan-jalan santai, ibu hamil dapat menggerakkan semua otot dalam tubuh. Jalan-jalan santai juga dapat memperlancar peredaran darah serta membantu memposisikan kepala janin di dalam kandungan.

Berenang

Olahraga kedua yang dapat dilakukan adalah berenang. Olahraga ini juga dapat dibilang cukup aman karena dilakukan di dalam air dan dapat membuat sendi serta otot ibu hamil menjadi lebih ringan. Berenang juga dapat membuat titik berat saat mengalami kehamilan menjadi tidak terasa.

Bersepeda Dengan Sepeda Statis 

Olahraga selanjutnya adalah bersepeda menggunakan sepeda statis seperti yang sering kita lihat di gym. Penggunaan sepeda statis ini dapat menghindarkan ibu hamil dari resiko terjatuh yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dan tentu saja penggunaan sepeda statis ini menjadi lebih santai karena dapat dilakukan di dalam ruangan sambil menonton televisi atau aktivitas santai lain.

Senam

Olahraga terakhir dan tidak ketinggalan adalah senam. Hal ini sangat umum dilakukan, terutama di negara-negara maju. Senam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil antara lain adalah senam aerobik low impact yang tidak melibatkan gerakan berbahaya seperti melompat, dan juga senam yoga. Dengan senam ini, ibu hamil akan terlatih untuk lebih stabil dalam bernafas dan membuat otot menjadi lebih rileks. Senam juga dapat menjadikan otot lebih dinamis sehingga dapat menghilangkan bengkak yang sering dialami oleh ibu hamil.

Olahraga tersebut dapat anda coba dalam masa kehamilan anda. Tapi ingat, periksakan secara rutin kondisi kesehatan dan kandungan anda ke dokter terdekat dan konsultasikan olahraga apa yang cocok untuk anda lakukan di masa kehamilan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter. Semoga bermanfaat.

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil - Semua pasangan suami istri pasti selalu mengharapkan adanya kehamilan atau mendapatkan keturunan, khususnya bagi sepasang kekasih yang baru saja menikah. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa terkadang ada saat dimana kehamilan yang ditunggu tidak kunjung datang. Tentu saja beberapa pasangan ada yang putus asa dan sangat sedih dengan terjadinya hal seperti ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita sulit hamil yang perlu diketahui oleh setiap pasangan demi mewujudkan harapan memiliki keturunan. Dibawah ini akan disebutkan beberapa faktor tersebut.

Siklus menstruasi tidak teratur.

Menstruasi, haid, atau juga disebut datang bulan terjadi karena dipengaruhi oleh hormon reproduksi di dalam tubuh wanita seperti LH-Progesteron atau FSH-Esterogen. Perubahan fisiologis ini terjadi secara berkala mulai dari masa remaja hingga wanita mengalami masa menopause. Efek dari periode menstruasi yang tidak teratur adalah susahnya untuk menetapkan masa subur pada diri wanita, karena waktu yang tepat untuk mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan hubungan intim saat masa subur wanita.

Kondisi kesehatan tubuh menurun.

Untuk mempercepat kehamilan, tentu seorang wanita harus mulai menerapkan pola hidup sehat dalam dirinya sendiri dan diwajibkan untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Hal ini tentu akan menjadi faktor penting dalam mempercepat kehamilan karena tidak jarang seorang wanita yang kondisi kesehatannya sedang menurun akan mengalami gangguan pada organ tubuh yang sangat penting untuk mempercepat kehamilan.

Hilangnya sel telur.

Kehamilan disebabkan oleh terbentuknya embrio yang terjadi dengan adanya pertemuan sperma dengan sel telur. Namun apabila sperma berhasil membuahi sel telur tetapi tidak menempel pada rahim, maka sel telur ini akan menghilang karena terbawa aliran menstruasi pada periode menstruasi berikutnya.

Usia terlalu tua.

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa usia sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Semakin tua usia wanita, maka akan semakin kecil kemungkinannya seorang wanita tersebut akan hamil. Karena itu sangat disarankan untuk tidak menikah pada usia yang terlalu tua untuk mendapatkan keturunan.

Jumlah dan kualitas sperma.

Salah satu faktor penentu yang berasal dari pihak pria. Hal ini dikarenakan janin disusun dari sperma dan sel telur, karena itu kondisi dan kualitas sperma harus tetap diperhatikan. Menurunnya kualitas sperma dari seorang pria dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kebiasaan merokok, sering berendam di air panas, ada penyakit kelamin, dan beberapa faktor lainnya.

Itu adalah beberapa faktor utama yang sering membuat seorang wanita susah sekali untuk hamil. Dari informasi di atas, anda dapat mulai mencari beberapa faktor yang mungkin ada dalam diri anda yang dapat anda ubah mulai sekarang sehingga anda dapat mempercepat kehamilan dan segera memiliki buah hati yang anda impikan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan arahan yang lebih akurat.

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil - Untuk ibu hamil, rasa mual bahkan muntah adalah hal yang normal, tapi seperti yang kita ketahui, hal ini jika berlangsung terus menerus akan menyebabkan dehidrasi yang justru akan sangan membahayakan diri sendiri dan janin yang dikandung. Dehidrasi seperti yang kita ketahui, adalah kondisi dimana cairan yang ada pada tubuh ibu hamil tidak seimbang, dalam kasus ini diakibatkan karena terlalu sering muntah. Hal yang perlu dicatat adalah, siapapun yang kekurangan zat natrium dan air di dalam tubuh dapat mengalami dehidrasi, tidak terbatas pada ibu hamil yang sering muntah.

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Dehidrasi dapat kita kategorikan menjadi tiga jenis berdasarkan tingkatnya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Dehidrasi yang membahayakan ibu hamil dan janin tergolong dalam dehidrasi berat. Seorang ibu hamil dikatakan mengalami dehidrasi berat jika cairan dalam tubuh berkurang hingga melebihi 10 persen. Resiko dehidrasi berat pada ibu hamil antara lain seperti di bawah ini.

Bayi lahir prematur.
Sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan pada puluhan ribu ibu hamil, dalam kondisi dehidrasi berat dimana ibu hamil mengalami mual dan muntah berkepanjangan, telah dilaporkan bahwa ada kemungkinan sebanyak 23% ibu hamil tersebut akan melahirkan bayi prematur.

Gangguan psikologis pada anak.
Pada tahun 2011 diadakan penelitian mengenai hal ini dan hasil yang didapat cukup mencengangkan, yaitu bayi yang terlahir dari ibu yang mengalami dehidrasi berat kelak akan mengalami gangguan psikologis dan masalah emosional seperti kecemasan, depresi, atau gangguan bipolar saat mereka beranjak dewasa.

Gangguan otak pada ibu hamil.
Resiko dehidrasi berat yang terakhir yang juga sangat berbahaya adalah ibu hamil yang mengalami dehidrasi berat memiliki peluang sangat tinggi untuk mengalami gangguan otak. Hal ini pada umumnya disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B karena dehidrasitersebut. Gangguan yang dapat dirasakan oleh ibu hamil antara lain adalah masalah keseimbangan, merasa bingung, atau adanya penurunan kualitas penglihatan.

Ketiga hal tersebut adalah resiko yang dapat dialami oleh ibu hamil dan janin yang dikandung apabila tidak mencegah terjadinya dehidrasi berat. Untuk pencegahan, seperti anjuran pada umumnya, seorang ibu hamil disarankan untuk meminum air mineral sebanyak 10 gelas per harinya, atau sebanyak 13 gelas per hari apabila sedang menyusui.

Disarankan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Apabila terjadi gangguan kesehatan yang tidak bisa diatasi, segera kunjungi dokter terdekat untuk memeriksakan kondisi ibu hamil dan janin yang dikandung sehingga dapat menghindari kemungkinan buruk secepat mungkin. Semoga bermanfaat.

Tuesday, August 1, 2017

pentingnya senam hamil

Bunda…Kehamilan adalah momen terindah yang diberikan oleh Tuhan spesial untuk wanita. Satu hal yang perlu dipahami oleh setiap wanita adalah melahirkan melalui persalinan normal merupakan sebuah usaha khusus untuk menjaga keselamatan ibu dan bayi. Salah satu cara agar kelak persalinan bunda normal adalah dengan menjaga kebugaran tubuh sejak dini melalui senam hamil.

pentingnya senam hamil

Yok… kita ulas akan pentingnya senam hamil

Olahraga yang dilakukan selama kehamilan bertujuan menjaga kebugaran sehingga bunda tetap sehat selama mengandung dan menjalani proses kelahiran si buah hati. Selain itu, olah raga juga dapat menguatkan otot dan melindungi persendian serta tulang belakang bunda. Dengan olah raga maka tuntutan masa kehamilan pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik salah satunya dengan senam hamil.

Senam hamil merupakan sebuah program berupa beberapa latihan fisik yang dinilai sangat penting bagi calon ibu untuk mempersiapkan diri saat persalinannya. Sepanjang tidak berlebihan dan terlalu berat, olahraga dapat menyehatkan tubuh bunda. Ibu hamil yang berolahraga secara teratur akan mengalami kenaikan berat tubuh yang lebih sedikit begitu juga dengan kenaikan lemak tubuhnya yang tidak terlalu banyak dibandingkan wanita hamil yang kurang aktif. Berat badan bunda akan tetap naik, tetapi dengan proporsi normal dan tidak berlebihan. Bayi dalam kandungan bunda juga tetap berada dalam kondisi kesehatan prima. Selain itu, kehamilan dan proses persalinan bunda cenderung tidak bermasalah, karena keaktifan bunda sebelum persalinan.

Bunda… ketika bunda hamil bunda pasti sangat membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan prima. Oleh karena itu, selain makan secara teratur dengan pola empat sehat lima sempurna, ibu hamil juga harus cukup istirahat setiap harinya dan tentu saja melakukan olah tubuh sesuai dengan proporsi kebutuhannya. Dengan mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat akan membuat bunda yang sedang hamil tetap mampu menjalankan aktivitas sehari-hari. Bila muncul Stress akibat rasa cemas menjelang persalinan pun dapat bunda minimalkan.

Gerakan yang dilakukan oleh bunda pada senam hamil memang tampak seperti senam biasa. Namun, sudah banyak ibu-ibu yang membuktikan bahwa ternyata senam hamil sangat membantu dalam proses persalinan. Senam hamil tentu saja disesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil. Dengan bunda mengikuti senam hamil secara teratur dan kontinyu, maka ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal. Senam hamil yang bunda lakukan merupakan terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil pada persalinan, baik secara fisik atau mental. Sebaiknya ketika bunda ikut senam hamil akan lebih bagus bila dilakukan bersama dengan pelatih yang mengerti benar. Senam hamil boleh dilakukan jika kandungan telah mencapai enam bulan ke atas.

Bagi ibu hamil yang ingin melakukan senam hamil, di bawah ini ada beberapa persyaratannya…


  • Bunda yang lagi hamil haruslah cukup sehat yang tentunya dibuktikan dari hasil pemeriksaan dokter atau bidan.
  • Kehamilan bunda tidak mempunyai komplikasi misalnya nih keguguran kehamilan dengan perdarahan ataupun kehamilan dengan bekas operasi.
  • Dapat dilakukan setelah kehamilan bunda mencapai usia minimal enam bulan
  • Ketika melakukan senam hamil harus ada petugas kesehatan yang membimbing bunda, jangan bunda lakukan sendiri


Tujuan senam hamil


  • Dilakukannya senam hamil supaya ibu yang sedang hamil menguasai teknik pernapasan yang baik. Karena latihan pernapasan sangat bermanfaat sekali untuk melancarkan persediaan oksigen yang ada di dalam tubuh si ibu untuk si buah hati yang berada dalam kandungannya. Dan juga tentu saja tehnik pernapasan yang prima akan membantu bunda yang sedang hamil ketika menjalani proses persalinan.
  • Ibu hamil yang rajin mengikuti senam hamil tanpa pernah absen alias tidak hadir maka akan memiliki otot dinding perut yang kuat sehingga elastisitas otot dinding perut si ibu hamil dapat dipertahankan. Nah, bunda ternyata kuatnya otot dinding perut diharapkan dapat mencegah dan mengatasi nyeri di daerah pantat, terus didaerah perut bagian bawah serta keluhan wasir lho bunda.
  • Melakukan senam hamil juga akan membuat bunda-bunda yang sedang hamil terlatih dalam melakukan relaksasi sempurna sehingga nantinya diharapkan dapat melakukan kontraksi dan relaksasi yang benar, dan satu hal ya bunda relaksasi ini akan bunda butuhkan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit karena persalinan.
  • Melakukan latihan senam hamil dengan rajin dan teratur akan membuat proses melahirkan bunda menjadi lancer dan aman tanpa adanya kesulitan yang berarti, sehinnga bunda dan bayi tetap sehat selama persalinan.


Bunda, senam hamil bukan merupakan suatu keharusan lho. Namun dengan bunda melakukan senam hamil akan banyak manfaat yang bunda peroleh sehingga dapat membantu kelancaran proses persalinan nantinya.

Jadi manfaat senam hamil bunda udah tahukan setelah kita bahas di atas, yaitu:


  • Dapat memperbaiki sirkulasi darah
  • Mengurangi pembengkakan pada kaki
  • Memperbaiki keseimbangan otot
  • Mengurangi terjadinya sembelit atau gangguan yang berkaitan dengan gastro intestinal
  • Mengurangi terjadinya kejang pada kaki
  • Menguatkan otot perut tempat menampung si buah hati
  • Mempercepat proses penyembuhan setelah persalinan bunda nantinya

Ingin Cepat Hamil ? Ini dia Tips Cepat Hamil

Ingin Cepat Hamil ? Ini dia Tips Cepat Hamil – Bagi para pasangan muda yang baru saja menikah biasanya mereka sangat mendambakan kehadiran buah hati, namun disisi lain masih banyak pasangan yang mungkin setelah beberapa tahun belum dikarunai buah hati. Bagi seorang perempuan kehamilan adalah tanda kesempurnaan dirinya dalam menjadi perempuan. Mengalami masa kehamilan sangat luar biasa dan istimewa bagi seorang wanita.

Tips Cepat Hamil

Dalam kesempatan kali ini kita menyajikan informasi mengenai tips cepat hamil untuk Anda yang ingin segera mendapatkan buah hati. Tips menarik mengenai cara cepat hamil akan kita ulas secara lengkap, berikut adalah 5 tips mudah untuk Anda.

Jangan menunda kehamilan

Bila setelah menikah Anda ingin segera hamil, jangan pernah menunda kehamlilan. Sangat dianjurkan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter kehamilan yang akan memerikan informasi penting, karena pasangan muda sangat awam dalam mengetahui masalah kehamilan. Jadi setelah Anda menikah jangan menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi apapun. Biarkan proses kehamilan terjadi secara alami sehingga tidak ada hambatan bagi sel sperma dan sel telur saat bertemu.

Kontrol masa kesuburan

Wajib bagi seorang perempuan mengontrol masa suburnya. Dengan mengetahui dan mengontrol masa subur, pasangan akan dengan mudah melakukan hubungan suami istri berdasar masa subur sehingga kesempatan untuk hamil lebih besar daripada melakukan hubungan diluar masa subur.

Posisi wanita dibawah suami

Penting bagi para pasangan yang baru menikah mengenai posisi saat melakukan hubungan intim. Agar perempuan cepat hamil sangat dianjurkan posisi perempuan berada dibawah suaminya sehingga penetrasi akan lebih sempurna dan sel sperma akan lebih cepat sampai pada sel telur. Jadi posisi dalam melakukan hubungan seksual sangat berpengaruh dengan kehamilan.

Atur pola makan

Setelah melakukan beberapa tips cepat hamil, untuk kesekian kalinya Anda harus mengatur pola makan Anda. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi dan vitamin lainnya yang penting untuk mendukung kesuburan rahim Anda. Jadi kondisi perempuan yang akan hamil harus dalam kondisi sehat. Sehingga janin jugaakan sehat dan diharapkan tidak ada masalah selama masa hamil.

Rutin olahraga

Tips cepat hamil yang terakhir adalah rutin melakukan olahraga. Dengan berolahraga rutin maka kegiatan ini sangat mendukung performa Anda dalam menyiapkan masa kehamilan. Sehingga organ tubuh Anda sehat dan siap untuk menjalani kehamilan.

Setelah melakukan beberapa tips diatas, maka hal yang sangat penting diatas semuanya adalah dengan berdoa dengan khusus. Mintalah kepada Yang Maha Kuasa agar dikaruniai buah hati yang baik. Dan tak lupa jalin komunikasi yang baik antara Anda dan pasangan, karena kehamilan terjadi juga karena kerjasama antara suami dan istri. Semoga Anda segera mendapatkan buah hati setelah membaca tips menarik dari kami.

Terima kasih.