Thursday, October 5, 2017

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat - Buah alpukat (Avocado) yang berasal dari bahasa Latin (Persea americana) adalah salah satu buah favorit untuk membuat jus, es buah, campuran appetizer atau salad, sop buah dan masih banyak lagi.

Saat membeli alpukat yang banyak tersedia dengan tampilan segar di supermarket, kadang kita sering merasa malas menunggu alpukat tersebut menjadi lebih matang dan empuk. Nah, agar tetap bisa membeli alpukat segar tanpa merasa malas "menunggu matang", maka kita harus tahu bagaimana cara menyimpan alpukat ini agar lebih cepat matang.

Berikut tips agar alpukat mentah cepat matang:

1. Apabila kita membeli nya dalam keadaan telah matang dan empuk, tentunya lebih mudah, segera masukkan ke laci buah atau sayuran di kulkas. Direkomendasikan untuk segera memakan alpukat yang sudah matang maksimal 2-3 hari setelah penyimpanan.

2. Apabila ternyata separuh potongannya masih berada di luar kulkas, untuk menghindari terjadinya oksidasi, siram alpukat yang sudah dipotong dengan air jeruk nipis dan kemudian segera simpan dalam wadah tertutup rapat.

3. Untuk pembelian alpukat yang masih mentah yang perlu kita perhatikan adalah, jangan sampai memasukkannya ke dalam lemari es, karena akan menghambat terjadinya pematangan alami. Untuk mempercepat proses pematangan alpukat, maka tetap simpan di dalam kantong kertas atau di lemari penyimpanan makanan dengan disertai beberapa buah pisang dan apel. Kenapa pisang? Karena buah pisang ini memiliki kandungan gas yang bisa mempercepat proses pematangan

5. Oh ya, kita juga dapat menyimpan alpukat yang sudah dihaluskan hingga lima bulan lamanya. Bagaimana caranya? Pertama, cuci buah alpukat kemudian potong menjadi dua bagian, buang bijinya. Daging buah alpukat disendoki dan dicampur 1 sendok makan air perasan lemon untuk setiap 2 buah alpukat. Setelah itu, blender alpukat dan letakkan alpukat blender ke dalam wadah yang kedap udara. Pastikan masih tersisa jarak 2-3 cm antara bagian atas alpukat dan tutup wadah. Simpan ke dalam freezer. Alpukat halus yang telah di bekukan tersebut bisa tahan di selama 5 bulan.

Itu tadi adalah tips menyimpan alpukat supaya cepat matang. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Terima kasih.

Wednesday, August 2, 2017

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga Yang Baik Saat Hamil - Ada banyak sekali olahraga yang kita ketahui di dunia ini, dan seperti yang telah kita ketahui, olahraga yang benar dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Begitu pula dengan ibu hamil, pada dasarnya, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga agar kondisi tubuhnya terjaga, tapi tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga yang cocok dan disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah olahraga yang dapat membuat otot ibu hamil menjadoi rileks dan dapat melatih pernafasan. Di bawah ini akan dijabarkan secara singkat beberapa saran olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Jalan-jalan Santai

Olahraga yang paling umum dan mudah dilakukan adalah jalan-jalan santai. Olahraga ini cukup aman untuk dilakukan oleh wanita hamil, dan dengan melakukan jalan-jalan santai, ibu hamil dapat menggerakkan semua otot dalam tubuh. Jalan-jalan santai juga dapat memperlancar peredaran darah serta membantu memposisikan kepala janin di dalam kandungan.

Berenang

Olahraga kedua yang dapat dilakukan adalah berenang. Olahraga ini juga dapat dibilang cukup aman karena dilakukan di dalam air dan dapat membuat sendi serta otot ibu hamil menjadi lebih ringan. Berenang juga dapat membuat titik berat saat mengalami kehamilan menjadi tidak terasa.

Bersepeda Dengan Sepeda Statis 

Olahraga selanjutnya adalah bersepeda menggunakan sepeda statis seperti yang sering kita lihat di gym. Penggunaan sepeda statis ini dapat menghindarkan ibu hamil dari resiko terjatuh yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dan tentu saja penggunaan sepeda statis ini menjadi lebih santai karena dapat dilakukan di dalam ruangan sambil menonton televisi atau aktivitas santai lain.

Senam

Olahraga terakhir dan tidak ketinggalan adalah senam. Hal ini sangat umum dilakukan, terutama di negara-negara maju. Senam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil antara lain adalah senam aerobik low impact yang tidak melibatkan gerakan berbahaya seperti melompat, dan juga senam yoga. Dengan senam ini, ibu hamil akan terlatih untuk lebih stabil dalam bernafas dan membuat otot menjadi lebih rileks. Senam juga dapat menjadikan otot lebih dinamis sehingga dapat menghilangkan bengkak yang sering dialami oleh ibu hamil.

Olahraga tersebut dapat anda coba dalam masa kehamilan anda. Tapi ingat, periksakan secara rutin kondisi kesehatan dan kandungan anda ke dokter terdekat dan konsultasikan olahraga apa yang cocok untuk anda lakukan di masa kehamilan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter. Semoga bermanfaat.

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil - Semua pasangan suami istri pasti selalu mengharapkan adanya kehamilan atau mendapatkan keturunan, khususnya bagi sepasang kekasih yang baru saja menikah. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa terkadang ada saat dimana kehamilan yang ditunggu tidak kunjung datang. Tentu saja beberapa pasangan ada yang putus asa dan sangat sedih dengan terjadinya hal seperti ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita sulit hamil yang perlu diketahui oleh setiap pasangan demi mewujudkan harapan memiliki keturunan. Dibawah ini akan disebutkan beberapa faktor tersebut.

Siklus menstruasi tidak teratur.

Menstruasi, haid, atau juga disebut datang bulan terjadi karena dipengaruhi oleh hormon reproduksi di dalam tubuh wanita seperti LH-Progesteron atau FSH-Esterogen. Perubahan fisiologis ini terjadi secara berkala mulai dari masa remaja hingga wanita mengalami masa menopause. Efek dari periode menstruasi yang tidak teratur adalah susahnya untuk menetapkan masa subur pada diri wanita, karena waktu yang tepat untuk mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan hubungan intim saat masa subur wanita.

Kondisi kesehatan tubuh menurun.

Untuk mempercepat kehamilan, tentu seorang wanita harus mulai menerapkan pola hidup sehat dalam dirinya sendiri dan diwajibkan untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Hal ini tentu akan menjadi faktor penting dalam mempercepat kehamilan karena tidak jarang seorang wanita yang kondisi kesehatannya sedang menurun akan mengalami gangguan pada organ tubuh yang sangat penting untuk mempercepat kehamilan.

Hilangnya sel telur.

Kehamilan disebabkan oleh terbentuknya embrio yang terjadi dengan adanya pertemuan sperma dengan sel telur. Namun apabila sperma berhasil membuahi sel telur tetapi tidak menempel pada rahim, maka sel telur ini akan menghilang karena terbawa aliran menstruasi pada periode menstruasi berikutnya.

Usia terlalu tua.

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa usia sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Semakin tua usia wanita, maka akan semakin kecil kemungkinannya seorang wanita tersebut akan hamil. Karena itu sangat disarankan untuk tidak menikah pada usia yang terlalu tua untuk mendapatkan keturunan.

Jumlah dan kualitas sperma.

Salah satu faktor penentu yang berasal dari pihak pria. Hal ini dikarenakan janin disusun dari sperma dan sel telur, karena itu kondisi dan kualitas sperma harus tetap diperhatikan. Menurunnya kualitas sperma dari seorang pria dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kebiasaan merokok, sering berendam di air panas, ada penyakit kelamin, dan beberapa faktor lainnya.

Itu adalah beberapa faktor utama yang sering membuat seorang wanita susah sekali untuk hamil. Dari informasi di atas, anda dapat mulai mencari beberapa faktor yang mungkin ada dalam diri anda yang dapat anda ubah mulai sekarang sehingga anda dapat mempercepat kehamilan dan segera memiliki buah hati yang anda impikan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan arahan yang lebih akurat.

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil - Untuk ibu hamil, rasa mual bahkan muntah adalah hal yang normal, tapi seperti yang kita ketahui, hal ini jika berlangsung terus menerus akan menyebabkan dehidrasi yang justru akan sangan membahayakan diri sendiri dan janin yang dikandung. Dehidrasi seperti yang kita ketahui, adalah kondisi dimana cairan yang ada pada tubuh ibu hamil tidak seimbang, dalam kasus ini diakibatkan karena terlalu sering muntah. Hal yang perlu dicatat adalah, siapapun yang kekurangan zat natrium dan air di dalam tubuh dapat mengalami dehidrasi, tidak terbatas pada ibu hamil yang sering muntah.

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Dehidrasi dapat kita kategorikan menjadi tiga jenis berdasarkan tingkatnya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Dehidrasi yang membahayakan ibu hamil dan janin tergolong dalam dehidrasi berat. Seorang ibu hamil dikatakan mengalami dehidrasi berat jika cairan dalam tubuh berkurang hingga melebihi 10 persen. Resiko dehidrasi berat pada ibu hamil antara lain seperti di bawah ini.

Bayi lahir prematur.
Sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan pada puluhan ribu ibu hamil, dalam kondisi dehidrasi berat dimana ibu hamil mengalami mual dan muntah berkepanjangan, telah dilaporkan bahwa ada kemungkinan sebanyak 23% ibu hamil tersebut akan melahirkan bayi prematur.

Gangguan psikologis pada anak.
Pada tahun 2011 diadakan penelitian mengenai hal ini dan hasil yang didapat cukup mencengangkan, yaitu bayi yang terlahir dari ibu yang mengalami dehidrasi berat kelak akan mengalami gangguan psikologis dan masalah emosional seperti kecemasan, depresi, atau gangguan bipolar saat mereka beranjak dewasa.

Gangguan otak pada ibu hamil.
Resiko dehidrasi berat yang terakhir yang juga sangat berbahaya adalah ibu hamil yang mengalami dehidrasi berat memiliki peluang sangat tinggi untuk mengalami gangguan otak. Hal ini pada umumnya disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B karena dehidrasitersebut. Gangguan yang dapat dirasakan oleh ibu hamil antara lain adalah masalah keseimbangan, merasa bingung, atau adanya penurunan kualitas penglihatan.

Ketiga hal tersebut adalah resiko yang dapat dialami oleh ibu hamil dan janin yang dikandung apabila tidak mencegah terjadinya dehidrasi berat. Untuk pencegahan, seperti anjuran pada umumnya, seorang ibu hamil disarankan untuk meminum air mineral sebanyak 10 gelas per harinya, atau sebanyak 13 gelas per hari apabila sedang menyusui.

Disarankan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Apabila terjadi gangguan kesehatan yang tidak bisa diatasi, segera kunjungi dokter terdekat untuk memeriksakan kondisi ibu hamil dan janin yang dikandung sehingga dapat menghindari kemungkinan buruk secepat mungkin. Semoga bermanfaat.