Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

Pentingnya Senam Hamil

Bunda…Kehamilan adalah momen terindah yang diberikan oleh Tuhan spesial untuk wanita. Satu hal yang perlu dipahami oleh setiap wanita adalah melahirkan melalui persalinan normal merupakan sebuah usaha khusus untuk menjaga keselamatan ibu dan bayi. Salah satu cara agar kelak persalinan bunda normal adalah dengan menjaga kebugaran tubuh sejak dini melalui senam hamil.

pentingnya senam hamil

Yok… kita ulas akan pentingnya senam hamil

Olahraga yang dilakukan selama kehamilan bertujuan menjaga kebugaran sehingga bunda tetap sehat selama mengandung dan menjalani proses kelahiran si buah hati. Selain itu, olah raga juga dapat menguatkan otot dan melindungi persendian serta tulang belakang bunda. Dengan olah raga maka tuntutan masa kehamilan pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik salah satunya dengan senam hamil.

Senam hamil merupakan sebuah program berupa beberapa latihan fisik yang dinilai sangat penting bagi calon ibu untuk mempersiapkan diri saat persalinannya. Sepanjang tidak berlebihan dan terlalu berat, olahraga dapat menyehatkan tubuh bunda. Ibu hamil yang berolahraga secara teratur akan mengalami kenaikan berat tubuh yang lebih sedikit begitu juga dengan kenaikan lemak tubuhnya yang tidak terlalu banyak dibandingkan wanita hamil yang kurang aktif. Berat badan bunda akan tetap naik, tetapi dengan proporsi normal dan tidak berlebihan. Bayi dalam kandungan bunda juga tetap berada dalam kondisi kesehatan prima. Selain itu, kehamilan dan proses persalinan bunda cenderung tidak bermasalah, karena keaktifan bunda sebelum persalinan.

Bunda… ketika bunda hamil bunda pasti sangat membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan prima. Oleh karena itu, selain makan secara teratur dengan pola empat sehat lima sempurna, ibu hamil juga harus cukup istirahat setiap harinya dan tentu saja melakukan olah tubuh sesuai dengan proporsi kebutuhannya. Dengan mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat akan membuat bunda yang sedang hamil tetap mampu menjalankan aktivitas sehari-hari. Bila muncul Stress akibat rasa cemas menjelang persalinan pun dapat bunda minimalkan.

Gerakan yang dilakukan oleh bunda pada senam hamil memang tampak seperti senam biasa. Namun, sudah banyak ibu-ibu yang membuktikan bahwa ternyata senam hamil sangat membantu dalam proses persalinan. Senam hamil tentu saja disesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil. Dengan bunda mengikuti senam hamil secara teratur dan kontinyu, maka ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal. Senam hamil yang bunda lakukan merupakan terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil pada persalinan, baik secara fisik atau mental. Sebaiknya ketika bunda ikut senam hamil akan lebih bagus bila dilakukan bersama dengan pelatih yang mengerti benar. Senam hamil boleh dilakukan jika kandungan telah mencapai enam bulan ke atas.

Bagi ibu hamil yang ingin melakukan senam hamil, di bawah ini ada beberapa persyaratannya…
  • Bunda yang lagi hamil haruslah cukup sehat yang tentunya dibuktikan dari hasil pemeriksaan dokter atau bidan.
  • Kehamilan bunda tidak mempunyai komplikasi misalnya nih keguguran kehamilan dengan perdarahan ataupun kehamilan dengan bekas operasi.
  • Dapat dilakukan setelah kehamilan bunda mencapai usia minimal enam bulan
  • Ketika melakukan senam hamil harus ada petugas kesehatan yang membimbing bunda, jangan bunda lakukan sendiri
Tujuan senam hamil
  • Dilakukannya senam hamil supaya ibu yang sedang hamil menguasai teknik pernapasan yang baik. Karena latihan pernapasan sangat bermanfaat sekali untuk melancarkan persediaan oksigen yang ada di dalam tubuh si ibu untuk si buah hati yang berada dalam kandungannya. Dan juga tentu saja tehnik pernapasan yang prima akan membantu bunda yang sedang hamil ketika menjalani proses persalinan.
  • Ibu hamil yang rajin mengikuti senam hamil tanpa pernah absen alias tidak hadir maka akan memiliki otot dinding perut yang kuat sehingga elastisitas otot dinding perut si ibu hamil dapat dipertahankan. Nah, bunda ternyata kuatnya otot dinding perut diharapkan dapat mencegah dan mengatasi nyeri di daerah pantat, terus didaerah perut bagian bawah serta keluhan wasir lho bunda.
  • Melakukan senam hamil juga akan membuat bunda-bunda yang sedang hamil terlatih dalam melakukan relaksasi sempurna sehingga nantinya diharapkan dapat melakukan kontraksi dan relaksasi yang benar, dan satu hal ya bunda relaksasi ini akan bunda butuhkan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit karena persalinan.
  • Melakukan latihan senam hamil dengan rajin dan teratur akan membuat proses melahirkan bunda menjadi lancer dan aman tanpa adanya kesulitan yang berarti, sehinnga bunda dan bayi tetap sehat selama persalinan.
Bunda, senam hamil bukan merupakan suatu keharusan lho. Namun dengan bunda melakukan senam hamil akan banyak manfaat yang bunda peroleh sehingga dapat membantu kelancaran proses persalinan nantinya.

Jadi manfaat senam hamil bunda udah tahukan setelah kita bahas di atas, yaitu:
  • Dapat memperbaiki sirkulasi darah
  • Mengurangi pembengkakan pada kaki
  • Memperbaiki keseimbangan otot
  • Mengurangi terjadinya sembelit atau gangguan yang berkaitan dengan gastro intestinal
  • Mengurangi terjadinya kejang pada kaki
  • Menguatkan otot perut tempat menampung si buah hati
  • Mempercepat proses penyembuhan setelah persalinan bunda nantinya
Back To Top