Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Spesial

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Spesial

Karena rasanya yang enak, dan tekstur nya yang lembut, maka tak heran kalau makanan bolu banyak digemari dikalangan maasyarakat. Selain itu makanan kue bolu juga mempunyai banyak cara variasi dalam penyajiannya, hal itulah yang membuat kita ingin menyantapnya dan menjadikan sebagai cemilan yang spesial untuk dihidangkan bersama keluarga dirumah.

Pada kesempatan ini kita akan mencoba membuat resep kue bolu yang menggunakan dari tepung ketan hitam, kita akan mencampurkan tepung ketan hitam dengan bahan-bahan yang lainnya hingga menjadi adonan yang lembut dan kemudian dikukus. Kalau begitu kita akan langsung mengikuti proses pembuatannya agar dapat kita nikmati dan dicicipi rasanya.

Bahan-bahan membuat bolu ketan hitam :
  • Tepung ketan hitam sebanyak 250 gram, di ayak

  • Margarin sebanyak 200 gram, dicairkan dan dilelehkan

  • Susu kental manis 2 sendok makan

  • Telur sebanyak 6 butir

  • Gula halu sebanyak 250 gram, di ayak

  • Vanili setengah sendok teh

  • Baking powder setengah sendok teh

  • Sediakan SP setengah sendok teh

  • Garam seperempat sendok teh
Cara Membuat Bolu Ketan Hitam
  1. Pertama kita campurkan tepung ketan hitam dan baking powder kemudian kita mixer aduk-aduk hingga rata.

  2. Berikutnya kita tambahkan telur, vanili, sp, gula halus dan garam, mixer kembali hingga adonan mengembang.

  3. Setelah itu kita masukkan susu kental manis dan margarin cair, kemudian kita aduk-aduk hingga semuanya menyatu rata.

  4. Kemudian kita siapkan loyang atau cetakan yang sudah diolesi dengan margarin, lalu kita tuangkan adonan kedalam loyang tersebut. Agar lebih menarik kita bisa menambahkan toping menurut selera yang anda inginkan.

  5. Kita panaskan tempat pengukusnya, kemudian kita letakan loyang yang sudah terisi adonan kedalam tempat pengukus (panci langseng besar) lalu kita kukus kurang lebih selama 15 hingga 20 menit dan sampai matang.

  6. Kemudian angkat, kue bolu ketan hitam bisa kita sajikan.
Membuat kue bolu ketan hitam ternyata tidak sulit yang kita bayangkan, proses pembuatannya hampir sama dengan kue bolu kukus. Sajikan kue bolu ketan hitam dengan secangkir kopi atau teh hangat, selamat mencoba dan menikmati.
Back To Top