Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

Thursday, October 5, 2017

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat

Cara Jitu Menyimpan dan Mematangkan Alpukat -Buah alpukat (Avocado) yang berasal dari bahasa Latin (Persea americana) adalah salah satu buah favorit untuk membuat jus, es buah, campuran appetizer atau salad, sop buah dan masih banyak lagi.

Saat membeli alpukat yang banyak tersedia dengan tampilan segar di supermarket, kadang kita sering merasa malas menunggu alpukat tersebut menjadi lebih matang dan empuk. Nah, agar tetap bisa membeli alpukat segar tanpa merasa malas "menunggu matang", maka kita harus tahu bagaimana cara menyimpan alpukat ini agar lebih cepat matang.

Berikut tips agar alpukat mentah cepat matang:

1. Apabila kita membeli nya dalam keadaan telah matang dan empuk, tentunya lebih mudah, segera masukkan ke laci buah atau sayuran di kulkas. Direkomendasikan untuk segera memakan alpukat yang sudah matang maksimal 2-3 hari setelah penyimpanan.

2. Apabila ternyata separuh potongannya masih berada di luar kulkas, untuk menghindari terjadinya oksidasi, siram alpukat yang sudah dipotong dengan air jeruk nipis dan kemudian segera simpan dalam wadah tertutup rapat.

3. Untuk pembelian alpukat yang masih mentah yang perlu kita perhatikan adalah, jangan sampai memasukkannya ke dalam lemari es, karena akan menghambat terjadinya pematangan alami. Untuk mempercepat proses pematangan alpukat, maka tetap simpan di dalam kantong kertas atau di lemari penyimpanan makanan dengan disertai beberapa buah pisang dan apel. Kenapa pisang? Karena buah pisang ini memiliki kandungan gas yang bisa mempercepat proses pematangan

5. Oh ya, kita juga dapat menyimpan alpukat yang sudah dihaluskan hingga lima bulan lamanya. Bagaimana caranya? Pertama, cuci buah alpukat kemudian potong menjadi dua bagian, buang bijinya. Daging buah alpukat disendoki dan dicampur 1 sendok makan air perasan lemon untuk setiap 2 buah alpukat. Setelah itu, blender alpukat dan letakkan alpukat blender ke dalam wadah yang kedap udara. Pastikan masih tersisa jarak 2-3 cm antara bagian atas alpukat dan tutup wadah. Simpan ke dalam freezer. Alpukat halus yang telah di bekukan tersebut bisa tahan di selama 5 bulan.

Itu tadi adalah tips menyimpan alpukat supaya cepat matang. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Terima kasih.