Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

10 Cara Mengatasi Stress Pada Anak Yang Patut Anda Coba

Cara Mengatasi Stress Pada Anak

Cara Mengatasi Stress Pada Anak - Stres adalah bagaimana seseorang bereaksi secara fisik, emosional dan mental dengan kondisi kehidupan yang sulit atau menuntut. Setiap orang mengalami stres pada berbagai tingkatan dan dalam menanggapi berbagai varian kondisi.

Stres pada anak-anak berbeda dengan stres pada orang dewasa, hal ini karena masih kurangnya pengalaman dan kemampuan komunikasi anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu langkah dan cara menangani dan mengekspresikan stres yang mereka lakukan berbeda caranya.

Stres anak-anak dapat disebabkan oleh kejadian positif atau negatif yang di luar rutinitas normal dan sering termanifestasi dalam bentuk gejala-gejala fisik dan atau perubahan perilaku.

Untuk membantu mengurangi stres pada anak-anak berikut adalah 10 panduan cara mengatasi stress pada anak yang bisa anda lakukan :

1. Belajarlah untuk mengenali gejala-gejala umum dari stres anak-anak.

Penting untuk mengetahui apa yang harus dicari dalam rangka untuk membantu mengurangi stres anak-anak seperti Gejala fisik meliputi sakit perut, mengompol, infeksi pernapasan, detak jantung balap, kantuk yang berlebihan dan kecemasan meningkat.

Perubahan perilaku dapat mencakup segala sesuatu yang berada di luar karakter anak. Misalnya, jika anak biasanya pendiam dan pemalu, kemudian bertindak keluar dan membuat adegan akan berada di luar karakter anak maka ini bisa menjadi pertanda stres. Sebaliknya, anak yang ekstrover mungkin terlepas dan ditarik dalam respon terhadap stres.



2. Dorong anak untuk mengekspresikan perasaan mereka.


Hal ini dapat mengurangi stres dengan membantu anak-anak belajar bagaimana mengenali bagaimana stres mempengaruhi mereka sehingga mereka dapat menggunakan metode mengatasi untuk menghadapinya. Tidak peduli usia anak, mampu mengidentifikasi emosi seperti kesedihan, ketakutan ketakutan, dan kecemasan adalah langkah pertama menuju mengurangi stres.

3. Fokus pada penyebab di balik stres, bukan gejala stres.

Ketika anak-anak menampilkan tanda-tanda fisik dan perilaku stres, cara yang paling efektif untuk mengurangi stres anak-anak adalah untuk mengatasi stres itu sendiri, daripada berusaha untuk memperbaiki gejala. Misalnya, jika seorang anak menjadi sangat argumentatif, Anda harus menghindari teguran keras demi mencari akar masalah yang mendasari.

4. Minimalkan keadaan yang diidentifikasi sebagai penyebab stres.

Jika Anda melihat bahwa kondisi tertentu yang cenderung menyebabkan stres pada anak-anak, lakukan apa yang Anda bisa untuk mengurangi terjadinya kondisi tersebut.

5. Menyediakan kerangka kerja aturan jelas didefinisikan dan batas-batas.

Kembali mereka dengan konsekuensi eksplisit dinyatakan. Anak-anak bergantung pada prediktabilitas dan rutin, dan cara yang bagus untuk mengurangi stres anak-anak adalah menjadi sangat jelas tentang kebijakan dan prosedur. 6. Menciptakan lingkungan yang positif dan diterima oleh anak anda.

Anak-anak harus didorong untuk menjadi diri mereka yang paling otentik, mengekspresikan diri secara bebas dan terlibat dalam penyelidikan terbuka dalam hal perasaan mereka. Memberikan jaminan verbal dan fisik yang anak-anak diterima dan dihargai.

7. Ajari kesehatan fisik.

Pastikan anak mendapatkan banyak olahraga dan Rutin untuk diet sehat untuk melawan beberapa efek negatif dari stres pada anak-anak.

8. Pemimpin adalah contoh.

Bila Anda menggunakan teknik untuk mengurangi stres dalam kehidupan Anda sendiri, Anda memberikan kerangka acuan bagi anak-anak yang memandang Anda. Cara terbaik untuk mengajarkan keterampilan kepada anak-anak mengatasi adalah dengan secara aktif menggunakan mereka sendiri.

9. Membuka jalur komunikasi melalui cerita.

Anak-anak tidak memiliki kesadaran diri seperti yang orang dewasa memiliki, juga tidak selalu memiliki kemampuan untuk mengartikulasikan apa yang mereka rasakan. Ketika Anda melibatkan anak dalam cerita-waktu, Anda memungkinkan mereka untuk berhubungan dengan konsep-konsep yang kompleks dengan berkomunikasi pada tingkat mereka. Untuk mengurangi stres, terapi menggunakan buku-buku dengan karakter anak-anak dapat terhubung dengan mereka.

10. Bicara dengan anak dan mendengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan.

Cobalah untuk datang dengan saran untuk bagaimana mereka dapat mengatasi stres mereka. Tapi hindari berteriak pada mereka atau menjadi stres sendiri! Ini akan membuat anak merasa lebih buruk.

Demikian tadi adalah 10 cara mengatasi stress pada anak yang patut anda coba, lakukanlah dengan sabar dan penuh kasih sayang sehingga hasilnya bisa maksimal. Terima kasih.

Back To Top