Share berbagai informasi yang bermanfaat untuk orang lain dari berbagai niche kategori. Karena berbagi itu indah dan menebar manfaat itu ibadah.

Tips Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Tips Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Tips Cara Mendidik Anak Dengan Baik – Dalam sebuah keluarga, keberadaan anak adalah sebuah kebahagiaan yang amat besar yang diberikan oleh Alloh SWT. Mendidik anak dengan baik adalah menjadi bagian rasa syukur kita kepada Alloh sekaligus menjadi tanggung jawab sebagai orang tua. Bagi orang tua yang baru memiliki anak mungkin akan mengalami hal yang membingungkan dalam mendidik anak, berikut ini beberapa tips cara mendidik anak dengan baik yang bisa diterapkan bagi orang tua baru, yaitu :


1. Berlemah lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus

Bersikap lembut pada anak sangat perlu dilakukan dikarenakan seorang anak akan sangat mendengarkan perkataan dan nasehat dari kita. Hal ini juga akan dijadikan contoh bagi anak tersebut dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kasih sayang yang tulus juga sangat dibutuhkan oleh sang anak terutama dari kedua orang tuanya. Kasih sayang ini banyak cara dapat dilakukan diantaranya adalah dengan memberikan pelukan erat kepada anak kita.

2. Hindari perkataan “jangan”

Ketika anak kita bermain dengan mengeksplorasi dan bereksperimen dengan dunia di sekitarnya namun agak membahayakan, sebaikanya kita sebagai orang tua tidak melarang si anak dengan kata “jangan”. Karena hal tersebut dapat menghambat bagi kreatifitas bagi si anak. Lalu bagaimana menasehati anak kita dengan kondisi tersebut, berikut ini caranya :

3. Berikan dukungan dan pendengar yang baik bagi anak

Adakalanya ketika anak kita bermain dengan temannya diledek, diolok-olok atau mungkin di bully. Sikap kita ketika anak kita menangis karena hal tersebut, maka jadilah pendengar yang baik bagi si anak. Dengarkanlah curhatan maupun keluh kesahnya, dan tumbuhkan rasa percaya diri bagi si anak.

4. Bangun kreatifitas dengan cara bermain bersama anak

Banyak permainan edukasi yang bisa kita lakukan bersama anak. Lakukanlah permainan tersebut dan bedahlah bersama si anak manfaat dari permainan yang sudah dimainkan tersebut. Di samping itu juga dengan permainan dapat mengasah kreatifitas si anak.

5. Ajarkan rasa tanggung jawab

Ketika anak melakukan kesalahan, janganlah langsung memarahi dia. Tetapi ajarkanlah anak tersebut cara agar dia dapat bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuatnya. Dengan begitu dia akan dapat mengakui kesalahan dan berusaha memperbaiki kesalahannya tersebut.

6. Tumbuhkan sikap saling menghormati

Cobalah mengajarkan bagaimana cara menghormati orang lain baik itu dengan orang yang lebih tua maupun adik atau teman yang lebih muda.

7. Jadilah panutan bagi anak anda

Jangan sampai anak kita mengalami krisis teladan yang akhirnya salah mengambil idola yang justru tidak baik akhlaknya. Oleh karena itu jadilah teladan yang baik bagi anak kita agar dapat dicontoh oleh anak kita.

8. Ajarkan keterbukaan

Untuk mengetahui sejauh mana sikap dan perilaku anak kita, ajaklah berbicara dengan keterbukaan dengan anak kita tentang bagaimana dia saat main, di sekolah atau di rumah saat berinteraksi dengan kakak atau adiknnya.

9. Jangan berbohong pada anak

Janganlah mengiming-imingi anak kiata dengan berbohong, karena dikhawatirkan dia akan berfikir bahwa berbohong adalah suatu hal yang wajar dan boleh dilakukan.


10. Jangan berkata keras dan mengancam anak


Mungkin anak kita pernah melakukan kenakalan, tetapi tahanlah sebisa mungkin emosi kita agar tidak memarahi, berkata keras atau mengancam si anak, lalu nasehatilah anak dengan perkataan yang lembut dan bijaksana.

11. Berikan rasa nyaman

Ajaklah anak dengan diskusi kecil tentang apapun, karena dengan begitu akan menimbulkan kedekatan antara orang tua dengan anak juga anak akan merasa nyaman ketika berada dengan orang tuanya.

Demikian beberapa tips cara mendidik anak dengan baik yang bisa kita terapkan pada anak kita agar dapat menambah kedekatan dengan anak-anak kita. Semoga bermanfaat.

Back To Top