Wednesday, August 2, 2017

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga Yang Baik Saat Hamil - Ada banyak sekali olahraga yang kita ketahui di dunia ini, dan seperti yang telah kita ketahui, olahraga yang benar dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Begitu pula dengan ibu hamil, pada dasarnya, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga agar kondisi tubuhnya terjaga, tapi tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Olahraga Yang Baik Saat Hamil

Olahraga yang cocok dan disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah olahraga yang dapat membuat otot ibu hamil menjadoi rileks dan dapat melatih pernafasan. Di bawah ini akan dijabarkan secara singkat beberapa saran olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Jalan-jalan Santai

Olahraga yang paling umum dan mudah dilakukan adalah jalan-jalan santai. Olahraga ini cukup aman untuk dilakukan oleh wanita hamil, dan dengan melakukan jalan-jalan santai, ibu hamil dapat menggerakkan semua otot dalam tubuh. Jalan-jalan santai juga dapat memperlancar peredaran darah serta membantu memposisikan kepala janin di dalam kandungan.

Berenang

Olahraga kedua yang dapat dilakukan adalah berenang. Olahraga ini juga dapat dibilang cukup aman karena dilakukan di dalam air dan dapat membuat sendi serta otot ibu hamil menjadi lebih ringan. Berenang juga dapat membuat titik berat saat mengalami kehamilan menjadi tidak terasa.

Bersepeda Dengan Sepeda Statis 

Olahraga selanjutnya adalah bersepeda menggunakan sepeda statis seperti yang sering kita lihat di gym. Penggunaan sepeda statis ini dapat menghindarkan ibu hamil dari resiko terjatuh yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dan tentu saja penggunaan sepeda statis ini menjadi lebih santai karena dapat dilakukan di dalam ruangan sambil menonton televisi atau aktivitas santai lain.

Senam

Olahraga terakhir dan tidak ketinggalan adalah senam. Hal ini sangat umum dilakukan, terutama di negara-negara maju. Senam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil antara lain adalah senam aerobik low impact yang tidak melibatkan gerakan berbahaya seperti melompat, dan juga senam yoga. Dengan senam ini, ibu hamil akan terlatih untuk lebih stabil dalam bernafas dan membuat otot menjadi lebih rileks. Senam juga dapat menjadikan otot lebih dinamis sehingga dapat menghilangkan bengkak yang sering dialami oleh ibu hamil.

Olahraga tersebut dapat anda coba dalam masa kehamilan anda. Tapi ingat, periksakan secara rutin kondisi kesehatan dan kandungan anda ke dokter terdekat dan konsultasikan olahraga apa yang cocok untuk anda lakukan di masa kehamilan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter. Semoga bermanfaat.