Wednesday, August 2, 2017

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Faktor Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil - Semua pasangan suami istri pasti selalu mengharapkan adanya kehamilan atau mendapatkan keturunan, khususnya bagi sepasang kekasih yang baru saja menikah. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa terkadang ada saat dimana kehamilan yang ditunggu tidak kunjung datang. Tentu saja beberapa pasangan ada yang putus asa dan sangat sedih dengan terjadinya hal seperti ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita sulit hamil yang perlu diketahui oleh setiap pasangan demi mewujudkan harapan memiliki keturunan. Dibawah ini akan disebutkan beberapa faktor tersebut.

Siklus menstruasi tidak teratur.

Menstruasi, haid, atau juga disebut datang bulan terjadi karena dipengaruhi oleh hormon reproduksi di dalam tubuh wanita seperti LH-Progesteron atau FSH-Esterogen. Perubahan fisiologis ini terjadi secara berkala mulai dari masa remaja hingga wanita mengalami masa menopause. Efek dari periode menstruasi yang tidak teratur adalah susahnya untuk menetapkan masa subur pada diri wanita, karena waktu yang tepat untuk mempercepat kehamilan adalah dengan melakukan hubungan intim saat masa subur wanita.

Kondisi kesehatan tubuh menurun.

Untuk mempercepat kehamilan, tentu seorang wanita harus mulai menerapkan pola hidup sehat dalam dirinya sendiri dan diwajibkan untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit. Hal ini tentu akan menjadi faktor penting dalam mempercepat kehamilan karena tidak jarang seorang wanita yang kondisi kesehatannya sedang menurun akan mengalami gangguan pada organ tubuh yang sangat penting untuk mempercepat kehamilan.

Hilangnya sel telur.

Kehamilan disebabkan oleh terbentuknya embrio yang terjadi dengan adanya pertemuan sperma dengan sel telur. Namun apabila sperma berhasil membuahi sel telur tetapi tidak menempel pada rahim, maka sel telur ini akan menghilang karena terbawa aliran menstruasi pada periode menstruasi berikutnya.

Usia terlalu tua.

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa usia sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Semakin tua usia wanita, maka akan semakin kecil kemungkinannya seorang wanita tersebut akan hamil. Karena itu sangat disarankan untuk tidak menikah pada usia yang terlalu tua untuk mendapatkan keturunan.

Jumlah dan kualitas sperma.

Salah satu faktor penentu yang berasal dari pihak pria. Hal ini dikarenakan janin disusun dari sperma dan sel telur, karena itu kondisi dan kualitas sperma harus tetap diperhatikan. Menurunnya kualitas sperma dari seorang pria dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kebiasaan merokok, sering berendam di air panas, ada penyakit kelamin, dan beberapa faktor lainnya.

Itu adalah beberapa faktor utama yang sering membuat seorang wanita susah sekali untuk hamil. Dari informasi di atas, anda dapat mulai mencari beberapa faktor yang mungkin ada dalam diri anda yang dapat anda ubah mulai sekarang sehingga anda dapat mempercepat kehamilan dan segera memiliki buah hati yang anda impikan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan arahan yang lebih akurat.